Mengenal Warna, Bersama Anak-Anak Tunas Bangsa

Lomba mewarnai bersama anak PAUD dan TK Tunas Bangsa (Maduraday/Rais Cahya TP)

SAMPANG, Maduraday - Masa kecil merupakan masa keemasan anak dan sebagai pembelajar sejati. Bukan hanya berbicara, pada masa itu anak juga melihat dan mendengar apa yang ada disekitarnya. Semua terekam dalam memorinya dan menjadi ingatan jangka panjang bahkan bisa dijadikan pedoman karena dianggap baik. Masa keemasan menjadi masa sensitif yang juga menentukan karakter dari anak. Peran serta orang tua menjadi sangat penting guna membentuk karakter yang baik demi masa depan mereka selain adanya pengaruh dari lingkungan sekitar.
Pendidikan anak usia dini menjadi pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan bagi anak itu sendiri. Pertumbuhan dan perkembangan yang dimaksud yakni mengenai agama dan moral, fisik metorik, kognitif bahasa, sosial emosional dan seni sesuai dengan tahapan perkembangan usia mereka.
Menggambar menjadi aktivitas yang menstimulus perkembangan anak selain kegiatan bermain dan menulis. Menulis memberikan edukasi dan merupakan metode pembelajaran yang menarik untuk anak seusia mereka. Menggambar memberikan manfaat yang besar baik mengenai daya ingat, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan koordinasi dan mengembangkan kemampuan metorik.
Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Trunojoyo Madura menggunakan metode menggambar yang dibingkai  menjadi lomba mewarnai untuk memperingati hari Anak Nasional yang bertepatan pada tanggal 23 yaitu hari ini sekaligus guna mempermudah anak dalam belajar dimulai dari hal kecil seperti mengenal gambar dan warna. Lomba mewarnai ini diikuti sekitar 80 anak gabungan dari PAUD dan TK Tunas Bangsa. Anak-anak yang notabenya didampingi ibunya sangat antusias mengikuti lomba mewarnai. Mereka mulai mewarnai gambar yang diberikan oleh panitia (mahasiswa KKN) dengan penuh ceria dan semangat. 
Tak lupa, ada beberapa hadiah menarik yang sudah dipersiapkan oleh panitia untuk beberapa pemenang. Snack dipersiapkan panitia untuk mereka yang mengikuti lomba. Harapan dari mahasiswa KKN untuk acara ini semoga memberikan manfaat dan mampu membantu anak-anak PAUD dan TK Tunas Bangsa dalam mengikuti pelajaran ditingkat selanjutnya. (Nur/KKN54)

Posting Komentar

0 Komentar