Pelatihan Pengelolaan Produk Unggulan; Langkah Menuju Pembentukan BUMDes Terrak

 Pembukaan Pelatihan Usaha Ekonomi (Maduraday/KKN63)

PAMEKASAN, Maduraday - 28/07/18.  Pelatihan pengelolaan produk unggulan dilaksanakan oleh Kelompok 63 KKN Tematik UTM yang bekerjasama dengan pemerintah Desa Terrak, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 28 Agustus 2018 yang bertempat di Balai Desa Terrak, Posko 63 KKN Tematik UTM. 
Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan sosialisasi dan keterampilan kepada masyarakat Desa Terrak, khususnya kaum perempuan dan ibu-ibu PKK sebagai upaya pemberdayaan ekonomi. Hal ini selaras seperti apa yang disampaikan oleh pendamping program pemberdayaan desa Kecamatan Tlanakan dalam sambutannya bahwa diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan potensi desa melalui pengolahan produk unggulan.
Darul Kamal, selaku Sekertaris Desa Terrak, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah awal untuk rencana pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terrak yang rencananya akan dibentuk pada beberapa bulan mendatang. Dimana salah satu unit usaha yang akan dijalankan adalah mengenai pengolahan pangan, khususnya dari komoditas unggulan Desa Terrak, diantaranya Singkong, Pisang dan komoditas lainnya.
Pada pelatihan tersebut produk olahan yang dihasilkan merupakan produk usulan dari KKN Tematik UTM Kelompok 63, diantaranya adalah kerupuk singkong, keripik pisang dan teh bunga sepatu. Selama kegiatan berlangsung peserta pelatihan dibagi menjadi tiga kelompok untuk melakukan praktek pembuatan produk olahan masing-masing di atas. Peserta yang mayoritas berasal dari anggota PKK, sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut hingga selesai. 
Terkait masalah perizinan PIRT, Sertifikasi Halal, BPOM akan kami bantu urus  sehingga produk olahan yang telah dihasilkan pada pelatihan ini dapat segera dipasarkan sebagai salah satu produk unggulan Desa Terrak, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Terrak pungkas Nasrulloh selaku Kordes Kelompok 63 KKN Tematik UTM. 
Pada pertemuan selanjutnya, akan ada sosialisasi mengenai pentingnya sertifikasi dari Dinas Kesehatan, dan juga mengenai penentuan harga jual dan teknik pemasaran yang tepat. Tujuannya adalah agar produk yang dihasilkan tidak hanya sekedar jadi tetapi bisa berkelanjutan untuk kegiatan usahanya. (rzl)

Posting Komentar

0 Komentar