Ibu PKK Desa Terrak bersama KKN 63 UTM sedang menunjukkan produk unggulannya.(Maduraday/Rizal)
PAMEKASAN, Maduraday - Kegiatan sosialisasi strategi pemasaran dan penentuan harga jual produk dilakukan oleh KKN TEMATIK 63 UTM kepada Ibu-ibu PKK Desa Terrak. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Agustus 2018 di Balai Desa Terrak. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada Ibu PKK selaku pelaku usaha dari produk unggulan Desa Terrak usulan dari KKN TEMATIK 63 UTM.
Rangkaian dari kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi mengenai P-IRT berdasarkan penilaian dari Dinas Kesehatan. Hal tersebut dilakukan sebagai kelanjutan pengurusan izin tersebut terhadap produk olahan yang dijalankan. Adapun produk olahan dari usulan KKN UTM juga sudah terdaftar izin di Dinas Kesehatan Kab. Pamekasan.
Pemaparan mengenai strategi pemasaran dan penentuan harga jual disampaikan oleh anggota kelompok 63 KKN UTM. Penerapannya adalah untuk setiap produk unggulan dari Desa Terrak, yakni kerupuk singkong “Tenggang Rasa”, keripik pisang “Sang Keripik” dan teh Bunga Sepatu.
“Materi ini dirasa cukup penting disampaikan karena suatu usaha harus memiliki strategi yang tepat untuk memasarkan produknya, dimana dalam strategi pemasaran itu meliputi produk, harga, promosi dan distribusi” pungkas Zakiyatur. Ia juga menyampaikan bahwa dalam penentuan harga jual produk itu sangat penting memperhatikan komponen-komponen biaya yang ada, termasuk dalam penentuan berapa profit marginnya, sehingga tidak asal mematok harga jual.
Disamping agenda di atas, pertemuan tersebut juga diisi dengan pembentukan struktural organisasi BUMDes Terrak. Setiap anggota PKK mendapatkan tugas masing masing mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, hingga divisi produksi dan pemasaran. Pentingnya struktural dalam suatu organisasi adalah agar setiap sumber daya manusia yang ada bisa menjalankan tugas nya masing-masing sesuai dengan job description nya. (Rzl)
0 Komentar