Kirab Arabic Puncak Gelaran Peringatan Hari Bahasa Arab Di Universitas Trunojoyo Madura

Foto bersama Sayyid, Sayyidah dan Peserta Kirab Arabic di depan Gedung RKB-C UTM
(Sumber : Maduraday.com/Yunita Pujiningsih)

Maduraday.com, BANGKALAN – (26/11/2018) Kirab Arabic menjadi pertanda telah usainya kemeriahan Peringatan Hari Bahasa Arab (PHBA) sedunia di Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Acara yang dimulai dari pukul 07.00 WIB pagi ini berhasil diselenggarakan dengan sukses. UKMF Dzikr N Fikr menjadi pelopor kegiatan ini. UKM yang berada dalam naungan Fakultas Keislaman mengajak mahasiswanya untuk untuk ikut serta dalam event Kirab Arabic kali ini.
Acara ini dimulai dengan berkeliling taman kampus dari depan RKB-C dan kembali lagi. Lalu dilanjutkan dengan aksi peserta yang menampilkan pertunjukan yang berbau Arab, seperti yel-yel Arab , menyanyikan lagu Arab, dan masih banyak lagi.
Setelah sebelumnya diadakan seminar, lomba puisi Bahasa Arab,lomba pidato Bahasa Arab, Qiro’atul Kutub (Membaca Kitab), dan Ghina’ Arabic (Menyanyi Bahasa Arab). Acara yang seharusnya diadakan Bulan Desember mendatang ini terpaksa dimajukan karena bertepatan dengan Ujian Akhir Semester dan juga bertujuan agar tidak menggangu kegiatan mahasiswa nantinya.
Kirab Arabic merupakan puncak acara dari PHBA yang diadakan setiap tahunnya. Namun, yang membedakan dari acara sebelumnya ialah dengan diadakannya seminar pada tahun ini.
“Diantaranya yang membedakan adalah eventnya, tahun kemarin masih belum ada seminar, sekarang sudah mengadakannya, selain itu tempat setiap event sudah berubah,” ujar Moh Kholilur Rahman selaku ketua pelaksana PHBA.
Besar harapannya dengan diadakannya acara ini, yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa dan mahasiswa untuk mengaspirasikan bakatnya, serta mengembangkan minat masyarakat terhadap Bahasa Arab. “Dengan diadakannya acara ini, tidak hanya sebagai partisipasi karena peringatan hari besar Bahasa Arab se dunia, akan tetapi salah satunya sebagai wadah untuk mengimplementasikan dari seorang siswa ataupun mahasiswa dalam bakatnya, karena acara kali terdapat beberapa event di antaranya seminar,  pidato Bahasa Arab, puisi Bahas Arab, baca kitab dan Ghina Arabic,” tegasnya.
Salah satu mahasiswa sangat setuju dengan adanya kegiatan tersebut dan mendukung penuh terselenggaranya acara ini dengan baik. “Saya sebagai mahasiswa sangat setuju dengan acara ini, semoga di tahun depan bisa diselenggarakan lagi, bahkan lebih meriah lagi,” ujar Taufik salah satu mahasiswa UTM. (HAB)

Posting Komentar

0 Komentar