KSR-PMI UTM: Peringati Hari AIDS Se-Dunia

Pembukaan Donor Darah KSR-PMI Unit UTM
(Sumber : Maduraday.com/Reni Nor Aini)

Maduraday.com, BANGKALAN – KSR- PMI UNIT UTM ( Korps Suka Rela-Palang Merah Indonesia Universitas Trunojoyo Madura) memperingati hari AIDS sedunia yang bertemakan “Donor Darah Use Your  Bloods For a Beautiful World Whithour HIV/AIDS”, bertempat di gedung cakra lantai 1 sebelah selatan (4/12/18). Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Unit Tranfusi Darah Kabupaten Bangkalan, Wakil Rektor 3 UTM, Pembina KSR-PMI UTM, dan Komandan KSR-PMI UTM. 
HIV ( Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan rusak /melemahnya sistem kekebalan tubuh pada manusia. Sedangkan AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Orang yang telah mengidap HIV/AIDS biasanya disebut ODHA.
Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan oleh KSR-PMI Unit UTM setiap 2 bulan sekali, selain itu kegiatan ini juga untuk memperingati hari AIDS sedunia. “ Memperingati hari AIDS sedunia dengan donor darah, karena salah satu cara untuk mendeteksi virus HIV yaitu dengan donor darah,”ujar Khoirun Nasihin, selaku komandan KSR-PMI Unit UTM.
Dalam donor darah yang diadakan KSR-PMI UNIT UTM ini menargetkan 200-300  kantong darah dan tidak semua mahasiswa bisa mendonorkan darahnya. “Acara ini diadakan untuk memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 01 desember 2018 kemaren, disini kami menargetkan 200-300 kantong darah” ujar Ismi Sa’adatul Abadiyah, selaku sekretaris pelaksana dalam sambutannya menggantikan ketua pelaksana yang berhalangan hadir. 
Bapak  H. Boedi Mustiko, S.H, selaku Wakil Rektor 3 mengapreasikan kegiatan donor darah ini, yang dalam sambutan Beliau mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat mulia. Kegiatan ini bukti nyata kepedulian kita pada masyarakat sekitar, yang dilaksanakan setiap 2  bulan sekali.” 
Sebelum pendonor mendonorkan darahnya, mereka harus mengisi formulir dan harus memenuhi syarat donor darah  yaitu usia 17-65 tahun,berat badan minimal 45kg,tidak sedang mentruasi, hamil atau menyusui, tensi darah normal, kadar HB 12.5-17 G/OL.
“Banyak manfaat yang bisa saya dapatkan melalui donor darah, salah satunya melindungi jantung, mendapat pemeriksaan secara gratis dll, meski terkadang saya ngeri melihat jarum suntik tapi saya beranikan ”ujar salah satu mahasiswa manajemen semester 5. (HF)

Posting Komentar

0 Komentar