SUGIMIN, KOMIK STRIP ALA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNTUK MADURA

Komikus dan karakter utama di komikstrip sugimin. 
(Sumber : Maduraday.com/Mohammad Ikhwanudin)

Maduraday.com, BANGKALAN - Masifnya informasi di era digital saat ini menuntut para pengakses informasi untuk kreatif dan bijak dalam menggunakan akses internet. Seorang mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo Madura, Hasbih (23), memberikan edukasi dan pengenalan Madura melalui komik strip, sebuah komik pendek. "Emang dari dulu udah mau bikin komik strip ini, kebetulan dapet karakter yang pas banget untuk kenalin budaya Madura," ujar Hasbih, saat dihubungi Maduraday.com, Selasa (4/12/18).
Melalui komik strip, Hasbih ingin memperkenalkan budaya Madura dengan pendekatan visual strorytelling yang edukatif dan menghibur. “Saya sempet melakukan riset untuk karakter sugimin ini , ketemulah saya dengan pak ramyadi sebagai seniman dan juga pelukis ini, jadi ya karakter sugimin ini hasil dari karya beliau di salah satu lukisan karapan sapi tahun 2000 waktu itu”. Kata Mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan sejak 2013 ini. 
Tema-tema yang di angkat dalam komik strp ini adalah sebagian informasi dari kehidupan sehari hari kehidupan masyarakat pedesaan di Madura . Ciri khas dari komik strip sugimin ini adalah ditulis dengan gaya Bahasa yang lugas dan jenaka. 
“itu karakter ada di lukisan karapan sapi saya , waktu itu hasbih lihat dan dia bilang karakter yang ada di lukisan saya ini unik dan mau di bikin komik strip, wah saya bangga dong ternyata hasbih benar-benar membuat komik strip ini” Ujar Ramyadi . 
Untuk melihat seperti apa kelucuan karakter sugimin dapat mengunjungi linimasa Instagram di @komiksugimin . (SH)

Posting Komentar

0 Komentar